10 Generasi Honda Civic







Siapa sih yang tidak tau dengan Honda Civic?


Berikut sekilas sejarah dan generasi-generasi Honda Civic.

Honda Civic adalah mobil yang diciptakan atau diproduksi oleh Honda Motor Co. Diperkenalkan pertama kali sebagai mobil coupe 2 pintu dan versi hatchback 3 pintu pada Tahun 1972. Honda civic identik dengan sistem penggerak roda depan dan mesin melintang.

Definisi Civic

Kata Civic menurut kamus Webster, berarti sesuatu yang berhubungan dengan kota dan penduduk. Karena itulah Honda Civic diyakini sebagai mobil yang cocok untuk penduduk kota atau semua penduduk. Honda Civic selalu menjadi mobil yang lebih baik di kelasnya dan selalu menarik hati masyarakat untuk meminangnya.

Bicara generasi, saat ini Honda Civic sudah mempunyai 10 generasi dari tahun 1973 sampai saat ini.

Generasi pertama (1973-1979)


 


Generasi pertama Honda Civic diperkenalkan pada tahun 1972 dan mulai dipasarkan tahun 1973. Dibekali mesin 1.2L , Honda Civic didesain untuk bersaing melawan mobil-mobil kompak Amerika pada saat itu. Kemudian pada tahun 1975 diluncurkan versi mesin CVCC yang memiliki kapasitas mesin 1.5L 53 hp. CVCC lebih efisien pembakarannya dibanding versi sebelumnya karena tidak perlu catalic converter dan bahan bakar bebas timbal.

Generasi kedua (1980-1983)


 

Generasi kedua Honda Civic pertama kali diluncurkan pada tahun 1980. Dari model atau bentuk keseluruhan mobil hampir sama dengan generasi pertama hanya berbeda pada lampu depan belakang yang lebih membulat dan dimensi mobil yang lebih besar. Menggunakan mesin CVCC 1.3 cc dengan tenaga 55 hp dan 1.5 cc 67 hp. Dari segi transmisi , generasi kedua ini mempunyai 3 macam transmisi diantaranya yaitu transmisi manual 4 kecepatan dan 5 kecepatan, serta 1 transmisi semi automatic.

Generasi ketiga (1984-1987) 




Honda Civic generasi ketiga dirilis pada tahun 1984 bermesin CVCC 4 silinder seri D 1500 cc. Di Indonesia mobil ini juga biasa disebut Civic Wonder yang memiliki 2 versi model yaitu hatchback 2 pintu dan sedan 4 pintu. Mobil ini juga tersedia versi 4WD yang dapat digunakan untuk ajang balapan rally.

Generasi keempat (1988-1991) 





Model Honda Civic generasi keempat ini mengalami banyak perubahan dari model dan dari segi mesin. Mesin sudah menggunakan teknologi VTEC DOHC B16A untuk pasar Jepang Sir, sedangkan untuk Inggris/Eropa 1.6 DOHC D16A9. Semua model US sudah berfitur injeksi, namun yang masih menggunakan karburator juga masih sering ditemui. Di Indonesia Honda Civic generasi keempat ini biasa disebut Honda Grand Civic untuk versi sedan 4 pintu dan Civic Nouva untuk versi hatchback 2 pintu. Namun juga banyak yang menyebutnya Honda Civic EF

Generasi kelima (1991-1995) 




Honda Civic Genio adalah sebutan dari Honda Civic generasi kelima dengan versi sedan 4 pintu dan Honda Civic Estilo untuk versi hatchback 2 pintu. Dibekali mesin B16A2 dengan tenaga 160hp dan kecepatan maksimum 180km/h, mobil ini banyak dicari terutama versi 2 pintunya yaitu Honda Civic Estilo. Di pasaran saat ini Civic Estilo memiliki harga yang selangit dikarenakan mobil tersebut langka dan memiliki potensi untuk digunakan dalam ajang balap. Namun, permasalahan yang sering terjadi pada generasi kelima ini yaitu mobil hanya memiliki 1 suply radiator yang menyebabkan mobil cepat panas dan mudah overheat. Walaupun demikian mobil ini dibekali 4 cakram pada sistem pengereman dan lebih aman.

Generasi keenam (1996-2000)


Honda Civic Ferio atau Civic EK adalah sebutan yang biasa saya dengar untuk mobil ini. Mobil ini tidak hanya memproduksi versi sedan dan hatchback saja namun juga ada versi wagon yaitu Orthia. Sayangnya di pasar Indonesia hanya terdapat versi sedan 4 pintu saja, karena untuk versi hatchback dan wagon tidak masuk pasar Indonesia. Mobil ini memiliki model bodi yang futuristik sampai hebatnya Honda Civic Ferio EK ini meraih 3 kali penghargaan Car of the Year Japan. Banyak mesin yang ditawarkan dari mulai D16 sampai B16 DOHC VTEC berkapasitas mesin 1.6L. Tersedia transmisi otomatis 4 kecepatan, dan transmisi manual dengan 5 kecepatan. Mobil ini sangat laris di pasaran dikarenakan modelnya yang tidak lekang oleh waktu.

Generasi ketujuh (2001-2005)


Dari segi interior, mobil ini memiliki ruang yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Memiliki berbagai macam bentuk kerangka antara lain 2 pintu coupe (EM), 3 pintu hatchback (EP), 4 pintu sedan (ES), 5 pintu hatchback (EU). Masih dengan sistem penggerak roda depan dengan 1.6L bermesin D16. Adapula yang berkapasitas 1.5L D15, 1.7L D17 dan 2.0L K20A. Di tahun 2001 mobil ini mendapat penghargaan Automotive Researchers’ and Journalists’ Conference Car of The Year Jepang.

Generasi kedelapan (2006-2011) 





Mobil ini memiliki model yang berbeda-beda bergantung dengan dimana mobil ini dirakit. Honda Civic generasi kedelapan ini sudah dilengkapi dengan power window, ABS, dan airbag. Memilki berbagai macam versi mesin dan kapasitas mesin , salah satunya 1.8L R18A1. Dan kapasitas mesin terbesar yaitu 2.4L dengan mesin K24Z5 menghasilkan tenaga 185hp. Di Indonesia mobil ini biasanya disebut dengan Honda Civic FD.

Generasi kesembilan (2011-2016) 




Pada April 2011 resmi diluncurkan di pasar Amerika Utara dan pada tahun 2012 mulai dipasarkan di Eropa. Terdapat 2 pilihan mesin 1.8L dan 2.0L i-VTEC SOHC. Biasa disebut Civic Euro atau Civic FB. Terdapat 3 bentuk kerangka, yaitu versi 2 door coupe, 4 door sedan, 5 door hatchback.

Generasi kesepuluh (2015-saat ini) 




Pada bulan November 2015 Honda Civic generasi sepuluh ini sudah diluncurkan di Amerika Serikat untuk model 2016. Memiliki dua pilihan mesin yaitu 2.0 L DOHC i-VTEC empat silinder 158hp pada 6.500 rpm dan 1.5L DOHC TURBO 174hp pada 5.500 rpm. Modelnya yang agresif dan lekuk bodi yang futuristik membuat kesan Honda Civic terlihat sangar dan gagah. Diperkenalkan dan dipasarkan di Indonesia pada April 2016. Mobil ini dipamerkan dan diluncurkan pada acara IIMS 2016 dengan mesin 1.5L DOHC VTEC turbo. Ada juga versi hatchbacknya dengan 4 pintu dan mesin yang sama dengan versi sedan, dipasarkan mulai Juni 2017. Yang lebih istimewa, Honda Civic generasi kesepuluh ini juga merilis tipe yang paling tinggi atau special edition, yaitu Honda Civic Type R. Pertama kali diperkenalkan pada GIIAS 2017. Mobil ini dibandrol dengan harga yang fantastis yaitu sekitar Rp 995.000.000,- . 2 kali lipat dari harga Honda Civic Turbo generasi sepuluh.





Sumber :

https://id.m.wikipedia.org/
https://www.netcarshow.com/

http://partsopen.com/
https://static.cargurus.com/
https://www.favcars.com/
https://i.pinimg.com/
https://www.topgear.com.ph
https://res.cloudinary.com/ 
https://www.carsguide.com.au/
https://file.kbb.com/
https://st.motortrend.ca/
http://www.superstreetonline.com
https://www.carthrottle.com/



Tags : Honda, Hondacivic, civic, turbo, genio, estilo, ferio, typer

Komentar